RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran :
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Kelas/ semester : XII
/ 1
Pertemuan Ke - : 1 -
2
Alokasi Waktu : 4
X 45 Menit
Standar Kompetensi : 1. Menggunakan perangkat lunak pembuat grafis
Kompetensi Dasar : 1.1. Menunjukkan
menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
I. Indikator
1. Menjelaskan
pengertian grafis berbasis vektor dan grafis berbasis bitmap
2. Mengetahui aplikasi
yang digunakan untuk membuat grafis berbasis vektor dan grafis berbasis bitmap
3. Menjelaskan
pengertian menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
4. Menerangkan fungsi
menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
5. Menampilkan menu
dan ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon – ikon yang tidak diperlukan
Indikator
Karakter :
Siswa mampu
menunjukkan perilaku Berfikir logis, kritis, kreatif dan inovatif
Indikator Ketrampilan Sosial :
Siswa mampu menujukkan perilaku
bertanggung jawab, Santun.
II. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat
mengetahui pengertian grafis berbasis vektor dan grafis berbasis bitmap
2. Siswa dapat
mengetahui aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis berbasis vektor dan
grafis berbasis bitmap
3. Siswa mengetahui
pengertian menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
4. Siswa mengetahui
fungsi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
5. Siswa mampu
menampilkan menu dan ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon – ikon yang
tidak diperlukan
III. Materi
Ajar
1. Pengertian grafis grafis berbasis vector dan
grafis berbasis bitmap
2. Aplikasi pembuat grafis berbasis vector dan
grafis berbasis bitmap
3. Pengertian menu ikon yang terdapat dalam
perangkat lunak pembuat grafis
4. Fungsi menu dan ikon yang terdapat dalam
perangkat lunak pembuat grafis
6. Menu dan ikon yang tersembunyi dan cara
menyembunyikan ikon – ikon yang tidak diperlukan dalam perangkat lunak pembuat
grafis
IV. Metode Pembelajaran
1. Penugasan Individu
2. Uraian
3. Praktik
V. Langkah-langkah pembelajaran
A. Kegiatan
Pendahuluan
1. Pembukaan (berdo’a)
2. Mempersiapkan bahan
dan media pembelajaran
3. Absensi siswa
B. Kegiatan Inti
Guru
Dalam melaksanakan kegiatan Eksplorasi
1. Mencari informasi tentang pengertian grafis berbasis vektor dan
grafis berbasis bitmap
Guru
Dalam melaksanakan kegiatan Elaborasi
2. Mendiskusikan kelebihan dan kekurangan grafis berbasis vektor dan
grafis berbasis bitmap
3. Menjelaskan
aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis berbasis vektor dan grafis
berbasis bitmap.
4. Menjelaskan tentang
pengertian ikon dan menu
5. Menjelaskan fungsi
menu dan ikon
6. Menunjukkan menu
dan ikon
Guru
Dalam melaksanakan kegiatan Konfirmasi
7. Mendemonstrasikan cara menampilkan dan menyembunyikan menu dan
ikon
C. Kegiatan akhir
1. Pemberian tugas
perorangan
2. Pemberian tugas
Kelompok
3. Penutup
VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar :
1. Media cetak
2. Buku panduan yang relevan
3. E – Book
4. Internet
VII. Penilaian
1. Uraian (Individu dan kelompok)
2. Tugas (Individu dan kelompok)
3. Afektif
4. Praktik (Individu dan kelompok)
.................., .....................................
......
Mengetahui
:
Kepala
Sekolah ................... Guru
Mata Pelajaran,
.................. Nama
NIP.
.................. NIP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran :
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Kelas/ semester : XII
/ 1
Pertemuan Ke - : 3 -
5
Alokasi Waktu : 6
X 45 Menit
Standar Kompetensi : 1. Menggunakan perangkat lunak pembuat grafis
Kompetensi Dasar : 1.2. Menggunakan
menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
I. Indikator
1. Mendemonstrasikan
pembuatan dokumen baru
2. Memodifikasi
pengaturan dan pewarnaan halaman
3. Memodifikasi
pengaturan dan pewarnaan teks
4. Memodifikasi
pembuatan garis dan bentuk
5. Memodifikasi
pewarnaan pada garis
6. Mendemonstarikan
pemberian efek khusus pada grafis
7. Mendemonstrasikan
pencetakan dan penampilan (publish) grafis
Indikator
Karakter :
Siswa mampu
menunjukkan perilaku Berfikir logis, kritis, kreatif dan inovatif
Indikator Ketrampilan Sosial :
Siswa mampu menujukkan perilaku
bertanggung jawab, Santun.
II. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat
mengetahui cara pembuatan dokumen baru
2. Siswa dapat
memodifikasi pengaturan dan pewarnaan halaman
3. Siswa dapat
memodifikasi pengaturan dan pewarnaan teks
4. Siswa mampu membuat
garis dan bentuk
5. Siswa mampu
memodifikasi pewarnaan pada garis
6. Siswa mampu memberi
efek khusus pada grafis
7. Siswa mampu
mencetak dan menampilkan (publisher) grafis
III. Materi
Ajar
1. Cara pembuatan dokumen baru
2. Pengaturan Halaman
3. Pembuatan dan modifikasi teks
4. Pembuatan obyek dan pemberian efek pada
grafis
IV. Metode Pembelajaran
1. Penugasan Individu
2. Uraian
3. Praktik
V. Langkah-langkah pembelajaran
A. Kegiatan
Pendahuluan
1. Pembukaan (berdo’a)
2. Mempersiapkan bahan
dan media pembelajaran
3. Absensi siswa
B. Kegiatan Inti
Guru
Dalam melaksanakan kegiatan Eksplorasi
1. Mempraktikkan cara membuat, menyimpan, mengatur ukuran dan
mengubah warna halaman
Guru
Dalam melaksanakan kegiatan Elaborasi
2. Mempraktikkan cara membuat, ukuran, jenis dan warna teks.
3. Mempraktikkan cara membuat dan pewarnaan garis
4. Mempraktikkan cara membuat, pewarnaan pada bentuk
5. Mempraktikkan cara memberikan efek sederhana dan efek lanjutan
pada grafis
6. Mempraktikkan cara mencetak dokumen grafis
Guru
Dalam melaksanakan kegiatan Konfirmasi
7. mempraktikkan cara menampilkan (publisher) dokumen grafis
C. Kegiatan akhir
1. Pemberian tugas
perorangan
2. Pemberian tugas
Kelompok
3. Penutup
VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar :
1. Media cetak
2. Buku panduan yang relevan
3. E – Book
4. Internet
5. Media Pembelajaran (bahan praktik)
VII. Penilaian
1. Uraian (Individu dan kelompok)
2. Tugas (Individu dan kelompok)
3. Afektif (individu)
4. Praktik (Individu dan kelompok)
.................., .....................................
......
Mengetahui
:
Kepala
Sekolah ................... Guru
Mata Pelajaran,
.................. Nama
NIP.
.................. NIP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran :
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Kelas/ semester : XII
/ 1
Pertemuan Ke - : 6 -
15
Alokasi Waktu : 20
X 45 Menit
Standar Kompetensi : 1. Menggunakan perangkat lunak pembuat grafis
Kompetensi Dasar : 1.3. Membuat
grafis dengan berbagai variasi warna, bentuk dan ukuran
I. Indikator
1. Membuat beberapa
kreasi grafis
2 Membuat sebuah
karya fotografi
3. Membuat Leaflet
4. Membuat Surat Undangan
II. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu membuat
beberapa kreasi grafis
2. Siswa mampu membuat
sebuah karya fotografi
3. Siswa mampu membuat
beberapa kreasi leaflet
4. Siswa mampu membuat
sebuah surat undangan
III. Materi
Ajar
1. Membuat Kreasi Grafis
2. Membuat Karya fotografi
3. Membuat Leaflet
4. Membuat Surat Undangan
IV. Metode Pembelajaran
1. Penugasan Individu
2. Uraian
3. Praktik
V. Langkah-langkah pembelajaran
A. Kegiatan
Pendahuluan
1. Pembukaan (berdo’a)
2. Mempersiapkan bahan
dan media pembelajaran
3. Absensi siswa
B. Kegiatan
Inti
1. Melakukan observasi
dilingkungan sekolah yang akan dijadikan obyek desain grafis
2. Melakukan persiapan
program desain grafis dan pengaturan halamannya
3. Membuat kreasi
grafis dengan menggabungkan dan memodifikasi garis dan bentuk
4. Melakukan
pencetakan dan menampilkan (publisher) grafis
5. Melakukan observasi
dilingkungan sekolah yang akan dijadikan obyek pemotretan
6. Melakukan persiapan
program desain grafis dan pengaturan halamannya
7. Membuat kreasi
grafis dengan menggabungkan dan memodifikasi garis dan bentuk untuk sebuah
karya fotografi
8. Melakukan
pencetakan dan menampilkan (publisher) grafis
9. Melakukan observasi
dilingkungan sekolah yang akan dijadikan obyek pembuatan leaflet
10. Melakukan persiapan
program desain grafis dan pengaturan halamannya
11. Membuat kreasi
grafis dengan menggabungkan dan memodifikasi garis dan bentuk dalam pembuatan
leaflet
12. Melakukan pencetakan
dan menampilkan (publisher) grafis
13. Melakukan observasi
dilingkungan sekolah yang akan dijadikan obyek pembuatan surat undangan
14. Melakukan persiapan
program desain grafis dan pengaturan halamannya
15. Membuat kreasi
grafis dengan menggabungkan dan memodifikasi garis dan bentuk dalam pembuatan
surat undangan
16. Melakukan pencetakan
dan menampilkan (publisher) grafis
C. Kegiatan akhir
1. Pemberian tugas
perorangan
2. Pemberian tugas
Kelompok
3. Penutup
VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar :
1. Media cetak
2. Buku panduan yang relevan
3. E – Book
4. Internet
5. Media Pembelajaran (bahan praktik)
VII. Penilaian
1. Uraian (Individu dan kelompok)
2. Tugas (Individu dan kelompok)
3. Afektif (individu)
4. Praktik (Individu dan kelompok)
.................., .....................................
......
Mengetahui
:
Kepala
Sekolah ................... Guru
Mata Pelajaran,
.................. Nama
NIP.
.................. NIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar